Klasifikasi Client Server

Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client(biasanya aplikasi yang menggunakan GUI   )  dengan  server.  Masing-masing client dapat  meminta data atau  informasi dari server.

Klasifikasi Client Server dapat dibagi menjadi :

Server Berkas

Adalah suatu komputer yang berfungsi sebagai komponen penyimpanan jaringan lokal dan bisa mengatur agar para pengguna bisa memakai bersama-sama harddisk, file dan tempat penyimpanan file.

Server Basis Data

Adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL atau Microsoft SQL Server) sangat bergantung kepada model klien-server untuk mengakses basis datanya.

Server  Transaksi

  • Client meminta remote procedures yang terletak pada server dengan sebuah SQL database engine.
  • Remote procedures ini mengeksekusi sebuah grup dari SQL statement
  • Hanya satu permintaan / jawaban yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi

Server Web

Adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasiWindows.

  • World Wide Web adalah aplikasi  client server yang pertama yang digunakan untuk web.
  • Client  dan servers berkomunikasi  menggunakan RPC seperti  protokol  yang disebut HTTP.

Server Groupware

Adalah sebuah pelayan groupware perisian yang direka untuk membolehkan pengguna untuk bekerjasama, terlepas dari lokasi, melalui internet atau intranet dan untuk bekerja bersama dalam suasana virtual.

  • Dikenal sebagai Computer-supported cooperative working
  • Manajemen semi-struktur informasi seperti teks, image, , bulletin boards dan
  • aliaran kerja
  • Data diatur sebagai dokumen

Leave a comment